Share :

INOVASI DISDUKCAPIL MUSI BANYUASIN

 

 

1. GARDA MAJU BERJAYA “GUNAKAN SATU SUMBER DATA KEPENDUDUKAN UNTUK MUBA MAJU BERJAYA”

    Inovasi ini memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap pelayanan publik di lingkungan Kabupaten Musi Banyuasin karena menyediakan data kependudukan yang akurat, sehingga lembaga pengguna dapat mengakses data kependudukan.

     Inovasi ini melindungi kelompok-kelompok rentan untuk dapat menerima bantuan, pemberdayaan maupun program lainnya dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan data fiktif. 

 

 

 

 

2. PEMUDA CAPIL “PEMBERSIHAN DAN PEMUTAKHIRAN DATABASE KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL”

       Inovasi PEMUDA CAPIL merupakan inovasi pelayanan publik di bidang Tata Kelola Pemerintah yang menyediakan database kependudukan yang bersih, akurat, lengkap dan mutakhir yang berdampak signifikan terhadap kemudahan akses berbagai pelayanan publik bagi masyarakat di kabupaten Musi Banyuasin yang merupakan langkah perwujudan Good Governance.

     Sebelum adanya inovasi ini, banyak pembiayaan yang boros akibat data penduduk yang bengkak, seperti untuk asuransi kematian dan asuransi kesehatan. Selain itu, ada potensi konflik dari penyelenggaraan pesta demokrasi baik itu pada tingkat desa, kabupaten, propinsi maupun nasional. Demikian pula adanya pembangunan yang kurang tepat sasaran karena tidak didasarkan dengan data kependudukan yang valid. Dengan adanya inovasi ini maka hal-hal seperti itu dapat diminimalisir. Inovasi ini juga membantu Dinas Sosial untuk menjangkau kelompok–kelompok rentan.

 

 

 

 

3. PESONA MAS PANDU “PENGUATAN OPERATOR KECAMATAN SOLUSI ANDALAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINDUK”

      Inovasi “PESONA MAS PANDU” menguatkan Operator SIAK di kecamatan melakukan proses layanan kadatangan warga dari luar Kabupaten Musi Banyuasin menggunakan fitur kedatangan, Informasi status KTP elektronik menggunakan fitur Cari Status KTP-el, layanan permintaan Update NIK bermasalah dengan Fitur Request Update semua fitur ini terdapat pada aplikasi SIDAK.

     Inovasi ini diharapkan mempersingkat waktu pelayanan kedatangan warga dari luar Kabupaten Musi Banyuasin, Informasi status KTP elektronik, permintaan Update NIK bermasalah dan meminimalisir biaya transportasi yang seharusnya dikeluarkan masyarakat untuk datang langsung ke kantor dinas Dukcapil Kabupaten Musi Banyuasin di Sekayu, dengan inovasi ini cukup datang pada Kecamatan setempat. Inovasi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan berdampak positif terutama bagi kelompok rentan (masyarakat miskin dan yang berkebutuhan khusus) sehingga meningkatkan kualitas pelayanan publik di kecamatan khususnya untuk pelayanan Adminduk. Mengingat dampaknya bagi penguatan kecamatan dalam pelayanan adminduk, maka inovasi ini dapat berkelanjutan.