Share :

Didominasi Cetak Ulang KTP Rusak, Warga Serbu Layanan Adminduk Gratis Stand Disdukcapil di Muba Expo

2023-10-30 07:27:34

Sekayu - Semenjak dibuka dari Jumat (27/20/2023) malam, Stand Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Musi Banyuasin (Disdukcapil Muba) yang ada di gelaran Muba Expo 2023 ramai diserbu pengunjung setiap harinya. Warga ramai hendak melakukan pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk), dimana pada Stand Disdukcapil Muba membuka pelayanan Adminduk Gratis selama gelaran Muba Expo.

Berbagai layanan Adminduk yang dilakukan diantaranya Cetak KTP-el, termasuk untuk pemilih pemula dan penyandang disabilitas, Cetak Kartu Identitas Anak (KIA), Cetak Akta Kelahiran, verifikasi dan aktivasi identitas kependudukan digital (IKD).


Salah seorang pengunjung, Ade Alfina warga Kelurahan Kayuara, Sekayu mengaku sangat puas dan bersyukur sudah langsung dapat merekam dan mencetak KTP-el nya di stand Dinas Dukcapil. "Terima kasih kepada pak Pj Bupati Apriyadi, kepada Dinas Dukcapil Muba juga karena memberikan pelayanan yang cepat dan mudah, luar biasa KTP saya langsung jadi ditempat," ungkapnya.

Kadisdukcapil Muba Demoon Herdian Eka Suza SSTP MSi mengatakan pihaknya membuka pelayanan Adminduk selama penyelenggaraan Muba Expo yang dilakukan di Stand Disdukcapil Muba mulai dari Jumat (27/10/2023) hingga Kamis (2/11/2023). "Kita membuka pelayanan Adminduk dan semuanya tidak dipungut biaya serta langsung jadi ditempat selama persyaratannya lengkap," tandas Demoon.

Diungkapkan Demoon, antusiasme masyarakat Muba sangat luar biasa untuk mendapatkan pelayanan. "Pelayanan kita lakukan mulai dari perekaman, cetak KTP El, cetak KIA, pindah datang, akta, dan layanan Adminduk lainnya. Yang paling banyak mereka cetak KTP ulang karena KTP sebelumnya rusak," tukasnya.

Pj Bupati Muba H Apriyadi menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan upaya pelayanan Adminduk bagi warga Muba. "Pembukaan Stand pelayanan adminduk di Muba Expo tidak berarti pelayanan mudah dan gratis itu hanya saat Muba Expo saja, tapi juga saat hari biasa tetap kita berikan pelayanan serupa dan prima," ujarnya.

Sebagai bukti, apresiasi diraih Pemkab Muba dalam gelaran Rakornas Ditjen Dukcapil yang digelar di Palembang beberapa waktu lalu dan dihadiri Mendagri. Dimana dalam paparannya, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menyampaikan bahwa Kabupaten Muba tertinggi untuk perekaman KTP El di Provinsi Sumatera Selatan tahun 2023.