Share :

Cihuy! Tunjukkan KIA Dapatkan Diskon di Gramedia Manapun

2023-01-06 02:13:09

Jakarta - Pemegang Kartu Identitas Anak (KIA) dapat memperoleh diskon 10 persen untuk pembelian buku di Toko Buku Gramedia seluruh Indonesia. Program ini merupakan hasil kerja sama Ditjen Dukcapil Kemendagri bersama PT Gramedia Asri Media yang telah diteken pada 21 Oktober 2022.

Kabar gembira ini disampaikan langsung oleh Bambang Nuryono dari Tim Gramedia pada acara Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) Seri-42 bertema "Pemanfaatan Kartu Identitas Anak Secara Nasional dengan Gramedia" melalui Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung di channel Youtube Ditjen Dukcapil KDN, Sabtu (5/11/2022).

"Ini merupakan media untuk merangsang sebagai insentif bagi orang tua anak agar segera mendapatkan KIA untuk para putranya," tutur Bambang. 

Menurut Bambang, hal ini juga dapat mendorong anak untuk mencari hiburan yang lebih sehat, tidak hanya berupa gadget.

"Pada saat anak bermain di Gramedia, belanja buku cerita, dan anak mendapat diskon 10 persen, maka kami bisa pastikan bahwa anak-anak Bapak Ibu sekalian mendapatkan buku-buku bacaan yang tidak perlu dikhawatirkan kontennya. Tidak menyangkut pornografi ataupun SARA," lanjut Bambang. 

Kesempatan ini turut dimanfaatkan masyarakat secara langsung untuk menyampaikan keluhan terkait kepemilikan KIA agar pemanfaatan KIA ini dapat dirasakan. Salah satunya dari Nurdea dari Bintan.

"Adik saya telah mengurus kepemilikan KIA namun belum kunjung selesai, saya berulang kali ke kecamatan namun ada saja kendalanya," tutur Nurdea.

Terkait hal ini Ahmad Ridwan selaku narasumber dari Ditjen Dukcapil langsung merespon akan memfasilitasi sampai selesai penerbitan KIA nya sekaligus memberikan arahan kepada Disdukcapil Kab. Bintan agar segera menindaklanjuti keluhan warganya. Hal ini semata-mata demi kebahagaian masyarakat untuk memperoleh layanan publik.

Sri Warsini salah salah satu peserta juga menanyakan apakah Disdukcapil di daerah perlu melakukan kerja sama lagi agar pemiliki KIA di daerah itu bisa mendapatkan manfaat diskon ini.

Langsung direspons oleh Bambang, bahwa program ini berlaku untuk KIA daerah manapun dan untuk Gramedia di manapun, tidak dibatasi oleh domisili.

"Jadi apakah di Bandung, Sukabumi, Purwakarta itu otomatis. Dukcapil setempat tidak perlu melakukan kerja sama lagi. Kami sudah mengirimkan surat kepada setiap outlet bahwa kami bekerja sama dengan Dukcapil. Jadi setiap anak pemegang KIA akan mendapatkan fasilitas-fasilitas tadi," jawab Bambang.

Direktur Pendaftaran Penduduk David Yama sebagai keynote speaker pada DMM ini juga berharap kerja sama pemanfaatan KIA dengan Gramedia dapat men-trigger daerah yang cakupan KIA-nya masih rendah. "Ini salah satu strategi meningkatkan cakupan KIA tersebut di Disdukcapil kabupaten/kota," kata Direktur Yama.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh saat penandatangan kerja sama ini mengungkapkan bahwa pemanfaatan KIA sebagai kartu insentif adalah wujud transformasi yang cerdas, tidak hanya sebagai kartu identitas, tetapi juga kartu insentif bagi anak. 

Mendagri Muhammad Tito Karnavian dalam berbagai kesempatan mengungkapkan dukungannya kepada Dukcapil dalam terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak demi mensukseskan target kinerja dan memberikan beragam manfaat kepada masyarakat. Dukcapil***