Share :

Disdukcapil Sambangi Masyarakat Jirak Jaya

2022-03-15 09:19:08

Jirak Jaya, Musi Banyuasin - Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Banyuasin lakukan sosialisasi administrasi kependudulan dan pencatatan sipil (Adminduk Pencapil) di gedung serbaguna Desa Jirak Kecamatan Jirak Jaya, Selasa (15/03/2022).

Sosialisasi tentang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri yang dituangkan dalam Instruksi Mendagri Nomor 470/837/SJ Tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dibidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil menuju masyarakat yang tertib, dengan ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Banyuasin  kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) dan Pencatatan Sipil (Pencapil) kepada masyarakat Kecamatan Jirak Jaya.

Pada Kesempatan tersebut Tim Sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Disdukcapil Kabupaten Musi Banyuasin yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Marwan Sutami ST MM, berserta anggota dan di sambut oleh Camat Jirak Jaya yang di wakilkan oleh Yeyet Wiyatna Sos MSI Sekretaris Kecamatan Jirak Jaya bersama Arif Budiman SPd MSI Kasih Pemerintahan.

Peserta dalam kegiatan Sosialisasi ini berjumlah kurang lebih 57 Orang yang terdiri dari Sekcam, Kasi Pemerintahan, Korwil Dikbud Kecamatan, Sekdes, Kasi Pemerintahan Desa, Operator SIAK Desa Se Kecamatan Jirak Jaya.

Acara dibuka oleh kata sambutan Yeyet Wiyatna Sos MSI mewakili Camat Jirak Jaya dilanjutkan oleh Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Marwan Sutami ST MM dengan memberi penjelasan Kegiatan sosialisasi seperti ini sangat penting dilakukan agar dapat diketahui dan dipahami dengan sejelas-jelasnya, sehingga dapat memiliki pemahaman yang benar untuk menyebarluaskan informasi pentingnya Administrasi Kependudukan kepada masyarakat.

"Sosialisasi Administrasi Kependudukan adalah rangkaian dalam peningkatan pelayanan disdukcapil Kabupaten Musu Banyuasin" tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Marwan Sutami ST MM menyinggung tentang inovasi PACAK Kecamatan Jirak Jaya yang bersinergi dengan disdukcapil Musi Banyuasin, dan inovasi Keladi serta pelayanan SIP OKE. Jadi masyarakat saat ini sudah dengan mudah di layani oleh Disdukcapil Kabupaten Musi Banyuasin baik Offline dan Online.

"Semoga dengan sosialisasi ini, apa yang menjadi kendala dapat diselesaikan, baik persyaratan untuk mengurus dokumen kependudukan atau kendala lainnya" tambahnya.

Selanjutnya, Yeyet Wiyatna Sos MSI menyampaikan terima kasih atas telah di adakannya sosialisasi peningkatan pelayanan disdukcapil di Kecamatan Jirak Jaya.

"Dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat mampu curhat/bertanya langsung dengan Disdukcapil Kabupaten Musi Banyuasin, mas" ungkapnya.

Acara Sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dimana masih banyak permasalahan yang muncul dari masyarakat dan petugas dalam pengurusan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil seperti masalah KK yang belum Online, masalah perceraian dan lain sebagainya.