Share :

Dukcapil Terbitkan 960 Dokumen Pengganti bagi Warga Terdampak Erupsi Semeru

2021-12-14 03:23:56

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menerbitkan 960 dokumen pengganti untuk warga yang terdampak erupsi Semeru. Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, dirinya telah memberangkatkan tim untuk melakukan pelayanan jemput bola pencetakan dokumen kependudukan pengganti. "Terkait bencana kita harus selalu proaktif terutama sekarang bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Tolong tim yang sudah dibentuk untuk segera koordinasi dengan dinas dukcapil setempat, lakukan layanan penggantian dokumen yang rusak akibat bencana tanpa diminta penduduk," kata Zudan, dikutip dari Antara, Sabtu (11/12/2021).

Tim Dukcapil membuka posko layanan pencetakan dokumen kependudukan di Balai Desa Sumberwuluh dan Balai Desa Penanggal, sejak Kamis 9 Desember 2021. Tim telah memberikan layanan berupa perekaman KTP elektronik kepada dua penduduk, mencetak KTP elektronik sebanyak 22 lembar, pencetakan KK pengganti yang rusak akibat erupsi sebanyak 822 lembar.

Tim juga melakukan pencetakan akta kelahiran sebanyak 84 lembar dan pencetakan kartu identitas anak (KIA) sebanyak 30 lembar. Kemudian, tim dukcapil juga menerbitkan akta kematian atas korban meninggal yang saat ini berada di RSUD dr Haryoto dan RS Bhayangkara Tirta Yatra, Lumajang. "Tim Dukcapil masih akan terus bekerja di daerah bencana hingga Selasa 14 Desember 2021. Bila masih diperlukan, Ditjen Dukcapil akan menerjunkan petugas berikutnya hingga keadaan kembali kondusif," kata Zudan. Baca juga: UPDATE Erupsi Semeru: 45 Orang Meninggal Dunia, 9 Orang Hilang Gunung Semeru yang berada di dua kabupaten, yakni Malang dan Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.20 WIB. Erupsi Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar, suara gemuruh serta asap pekat berwarna abu-abu.

Selain menimbulkan korban jiwa, erupsi juga mengakibatkan puluhan korban luka hingga sejumlah rumah warga rusak sedang hingga berat. Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru, Kolonel Inf Irwan Subekti melaporkan, hingga Jumat (10/12/2021), tercatat 45 korban jiwa akibat erupsi Gunung Semeru. Kemudian, 9 orang masih belum ditemukan. "Sampai hari ketujuh ini yang bisa kami laporkan untuk korban meninggal dunia 45 orang, kemudian untuk yang hilang saat ini tercatat 9 orang, 19 luka berat, dan 19 luka ringan," kata Irwan, dalam konferensi pers melalui kanal YouTube BNPB, Jumat.

Selain itu, sebanyak 6.574 orang mengungsi di 24 titik pengungsian dan 2.970 unit rumah terdampak erupsi Gunung Semeru. "Kemudian 33 unit fasilitas umum terdampak yang salah satu di antaranya putusnya jembatan Gladak Perak yang menghubungkan antara sebagian kabupaten Lumajang dengan kabupaten Malang," ujarnya. Irwan mengatakan, saat ini, tim gabungan masih berupaya melakukan pencarian dan evakuasi yang dibagi menjadi 3 unit dengan jumlah anggota sekitar 75-100 orang.

"Dan keterlibatan relawan sudah cukup banyak sekali," ucap dia.