Share :

Prof. Zudan Tekankan Pentingnya Dampak Kinerja Dukcapil Terhadap Organisasi dan Masyarakat

2019-07-17 01:37:03

Jakarta – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Prof. Zudan Arif Fakrulloh, ingatkan jajaran Dukcapil akan pentingnya peningkatan kinerja serta dampaknya terhadap organisasi dan masyarakat. 

Hal itu ia sampaikan kala memimpin kegiatan Rapat Evaluasi Kinerja Dukcapil Semester I, Jakarta, Senin (8/7/2019).

Turut hadir di acara tersebut, jajaran direktur selaku pejabat eselon 1, dan seluruh pejabat eselon 2, 3, dan 4 di lingkungan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri. 

Agenda rutin ini tidak lain ditujukan untuk melihat capaian-capaian apa saja yang telah digapai selama semester pertama, dan apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan untuk satu semester tersisa ke depan.

Mengenai arti kinerja itu sendiri, menurut Zudan, tidak lain adalah capaian-capaian dari realisasi berbagai program besar Dukcapil, di antaranya adalah alih teknologi untuk kemandirian Dukcapil, pembangunan ekosistem pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), perekaman KTP-el, cakupan Akta Kelahiran, hingga Kartu Identitas Anak (KIA).

“(Indikator) program besar kita, misalnya kita memiliki KIA (Kartu Identitas Anak) itu dilaporkan kepala Seksi atau Kasubdit pelaksanaannya sudah sekian juta, KTP-el juga dapat sekian persen, yang belum terdata sekian, itulah kinerja yang terus kita kejar,” ujar Zudan.

Dengan begitu, prinsipnya tidak lagi hanya menjalankan program semata, tapi bagaimana program itu berjalan dan punya dampak besar pada organisasi dan masyarakat. 

"Jadi kita bukan semata-mata melaksanakan apa yang ada dalam RKP (Rencana Kerja Pemerintah) tapi (apakah) program besarnya dapat menjangkau seluruh pelayanan yang menjadi tugas kita," jelasnya.

“Misalnya Kasubdit Kelahiran, bukan hanya program melaksanakan ini lalu selesai, enggak. Kelahiran ini dapat berapa secara nasional, kematian juga begitu, kewarganegaraan juga begitu,” rincinya.

Lebih jauh, insan Dukcapil juga harus dapat melihat dan mengevaluasi hasil dari program-program yang direncanakan. Intinya adalah bagaimana program itu dapat berpengaruh secara signifikan baik itu untuk peningkatan kualitas layanan, hingga peningkatan branding Dukcapil itu sendiri.

"Kita lihat program pengelolaan data dan informasi, kita dapat apa selama satu semester ini? Apakah brandingnya Dukcapil jadi naik? Apakah profile yang tercetak di media-media itu berpengaruh sehingga kalau ada orang asing (yang tidak mengetahui hasil kerja Dukcapil) kita dapat tunjukkan ini lho Dukcapil," pungkasnya. Dukcapil***