Share :

Sukseskan Pemilu, Dukcapil Muba Kembali Jemput Bola

2023-03-21 07:05:13

Sekayu – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Muba, Sumatera Selatan, kembali melaksanakan program jemput bola perekaman KTP elektronik (KTP-el) ke pelajar SMA. Kali ini, menyasar ratusan siswa-siswi di SMK Negeri 3 Sekayu, Rabu (17/03/2023).

Perekaman KTP-el itu menyasar siswa yang telah berumur 16 dan 17 tahun, serta umur 15 tahun dengan kelahiran bulan Januari-April. Selain sebagai bagian pelayanan administrasi kependudukan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah pusat terhadap pemilih pemula untuk mensukseskan Pemilu dan Pemilukada serentak tahun 2024.

Kepala Dinas Dukcapil, Demoon Hardian Eka Suza, S.STP, M.Si menyampaikan, sudah banyak sekolah yang dikunjungi. Sebelumnya, telah terlaksana di SMA Negeri 3 Sekayu, SMA Negeri 4 Sekayu, SMA Negeri 1 Lawang Wetan, SMA Negeri 2 Batanghari Leko, dan masih banyak lagi.

“Berikutnya kami juga akan ke sekolah lain. Kami sudah bersurat. Namun pelaksanaannya menunggu kesiapan dari sekolah itu sendiri,” kata Demoon saat ditemui di lokasi perekaman KTP-el.

Menanggapi adanya program jemput bola ini, Kepala SMKN 3 Sekayu, Susnila, S.Pd, MM, mengaku sangat terbantu. Sebab, siswa yang belum perekaman, tak perlu izin di kemudian hari.

Ketika siswa izin meninggalkan sekolah, kata dia, selain bakal tertinggal jam pelajaran, juga berpotensi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami dari pihak sekolah sangan mendukung dan mensupport siswa/siswi kami yang sudah cukup umur untuk melakukan perekaman KTP-el,” sebut Susnila.

Dalam kegiatan ini siswa dipanggil secara bergantian. Setiap siswa membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Identitas Anak (KIA) serta fotokopi ijazah terakhir sebagai persyaratan merekam KTP-el. Proses perekaman meliputi sidik jari, rekam iris mata, pasfoto, hingga tanda tangan elektronik. Selain itu juga dilakukan Instalasi dan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) kepada Guru dan siswa yang sudah bisa mencetak KTP-el (*)